Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Membuat Add-In Sendiri

Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Menghitung jumlah warna dengan karakter warna Belajar excel microsoft Excel
Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Membuat Add-In Sendiri - Ada banyak hal yang dapat dilakukan mengunakan Microsoft Excel dalam menganalisis data.

Banyak pekerjaan perkantoran dengan mudah terselesaikan menggunakan Microsoft Excel. Jadi belajar Microsoft Excel memang tidak akan pernah habisnya.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel. Beberapa hari yang lalu admin mendapatkan tugas dari sebuah sekolah tingkat SMP untuk menghitung jumlah warna hijau yang dianggap benar dan jumlah warna merah yang dianggap salah.

Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel
Pada gambar format gif diatas merupakan data yang menunjukan warna hijau dan warna merah pada cell Excel.

Data yang admin kerjakan terdapat 204 siswa yang setiap cell data siswa terdapat warna hijau yang merupakan jawaban benar dan warna merah yang merupakan jawaban salah dari ujian yang terdiri dari 45 butir soal yang diselenggarakan di sekolah tersebut.

Bisa dibayangkan jika harus menghitung jumlah cell dengan warna tertentu tersebut satu persatu dengan jumlah siswa yang lumayan rame.

Pengalaman ini sangat berharga bagi admin karena mendapatkan sebuah ilmu baru yang dapat dibagikan lagi di blog tercinta ini tentang cara mengitung jumlah warna yang terdapat pada cell di Excel.

Semoga apa yang admin bagikan di blog ini akan bermanfaat bagi pengunjung setia yang sedang mencari informasi tentang Microsoft Excel.

Kode Yang Digunakan :
Function HitungWarna(range_data As Range, criteria As Range) As Long
    Dim datasenbakusen As Range
    Dim warnasenbakusen As Long
warnasenbakusen = criteria.Interior.ColorIndex
For Each datasenbakusen In range_data
    If datasenbakusen.Interior.ColorIndex = warnasenbakusen Then
        HitungWarna = HitungWarna + 1
    End If
Next datasenbakusen
End Function

Rumus yang terdapat pada kotak kode diatas sangat berkhasiat dan terbukti ampuh untuk Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel dengan Cepat Dan Mudah tanpa efek samping yang dapat mengganggu kesehatan.

Kode diatas akan kita gunakan untuk membuat Add-Ins Excel yang dapat di pasang dalam berkas Excel.

Susah ngak ya ?!

Caranya cukup mudah sebenarnya jika anda mau terus melanjutkan membaca hingga habis artikel ini dengan judul Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Membuat Add-In Sendiri.

Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Membuat Add-In Sendiri
  • Buka Microsoft Excel yang baru tanpa perlu membuat data apapun.
  • Copy kode yang terdapat pada kotak kode diatas selanjutnya masukkan ke module. Caranya klik tab Developer selanjutnya pilih visual basic. Pada jendela visual basic masukkan sebuah module. Pastekan kode yang sudah di copy dari kotak kode diatas pada module tersebut.
  • Selanjutnya simpan file dalam format Excel Add-in (xlam), berikan nama file sesuai fungsinya agar memudahkan mengingatnya. Untuk alamat penyimpanan Add-In standarnya akan terbuka otomatis pada C:\Users\SENBAKUSEN\AppData\Roaming\Microsoft\AddIns. 
Nach.!! cukup mudah bukan untuk membuat Add-in yang berfungsi untuk menghitung jumlah warna cell pada excel.

Membuat Add-In dan Memasang Add-In
Setelah menyimpan file yang sudah siap dibuat add-in sudah dapat ditutup. Selanjutnya kita akan mengaktifkan atau memasang add-in tersebut agar bisa berfungsi di Excel.

Dengan menginstal atau memasang add-in pada pada excel akan sangat memudahkan kita saat memerlukannya.

Cara Instal atau Memasang Add-In Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel
  • Klik pada tab Developer dan pilih visual basic
  • Pada menu Add-Ins terdapat button Excel Add-In. Untuk memasang Add-in caranya klik Excel Add-Ins.
  • Setelah button Excel Add-Ins di pilh maka akan muncul kotak dialog Add-Ins yang mencantumkan daftar Add-Ins yang tersedia.
  • Pilih dan centang Add-In dengan nama HitungWarna agar bisa difungsikan. Lalu klik Ok.
Jika tidak terdapat Add-In dengan nama HitungWarna maka anda harus klik Browse untuk menelusuri letak Add-In Hitung Warna yang anda simpan.

Untuk cara penggunaannya dapat melihat gambar format gif pada awal artikel. Secara visual mungkin akan lebih jelas dan mudah dipahami.

Demikian yang dapat admin bagikan pada artikel dengan judul Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Membuat Add-In Sendiri.

Semoga menjadi informasi dan referensi bagi anda yang sedang mencari informasi cara menghitung jumlah warna cell pada excel.

Jika ada pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat disampaikan kepada admin melalui kotak komentar yang tersedia dibawah artikel ini.

Jika artikel dengan judul Cara Menghitung Jumlah Warna Cell Pada Excel | Cepat Dan Mudah Membuat Add-In Sendiri dirasakan bermanfaat mohon dapat dishare ke media sosial agar teman-teman yang lain juga mengetahui caranya.

Bagi anda yang minat mempelajar membuat aplikasi berbasis Vba Excel secara mandiri dari contoh file penerapan dan contoh aplikasi jadi dapat menghubungi admin via WhatsApp atau Telegram dengan nomor 0811-6822-023.

Atau bagi anda yang ingin melihat-lihat dulu contoh penerapan yang admin tawarkan dapat melihat pada link ini.

Belajar dari file contoh penerapan yang sudah jadi akan cepat memberikan pemahaman alur kerja kode.

Dengan mudah kita dapat menerapkannya kembali pada aplikasi yang sedang kita rancang.

Getting Info...

1 komentar

  1. mantap Gan, sangat bermanfaat. Terima kasih untuk ilmunya. Sukses selalu.
Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.