Cara Mengatasi Excel Not Responding

Salam Pengguna Excel..!! Sering tidak menemukan kendala error dalam menggunakan Excel ? Salah satu kendala yang Admin temukan saat menggunakan excel tiba-tiba muncul error pesan "Excel Not Responding". Ketika pesan error Not Responding muncul, tentu Excel yang sedang digunakan akan berhenti, membeku dan tidak mau bekerja lagi.

Error dengan pesan Excel Not Responding sangat mengganggu pekerjaan yang sedang kita kerjakan menggunakan Excel. Sangat menjengkelkan rasanya jika error ini terjadi. Excel yang kita gunakan terasa agak lambat bekerja. Pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan segera akan tertentuda. Belum lagi file yang sudah kita siapkan tiba-tiba harus error dan datanya belum tersimpan.
Illustration
Bagi yang bekerja sehari-hari menggunakan Excel sudah barang tentu menginginkan Excel bisa difungsikan dengan aman dan nyaman, tanpa error yang tiba-tiba muncul menghentikan segala aktifitas. Untuk mengatasi Excel Not Responding terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebabnya. 

Ada sejumlah penyebab Excel Not Responding terjadi. Berikut Admin sajikan beberapa hal yang umum penyebab terjadinya Excel Not Responding.

Penyebab
Startup Windows/Komputer. Terlalu banyak shortcut atau aplikasi yang berjalan baik secara terbuka dilayar ataupun berjalan secara diam-diam dibelakang layar. Kondisi ini menyebabkan memory terkuras bekerja hingga memory tidak lagi mampu merespon perintah yang diberikan. 

Permasalahan banyaknya shortcut atau aplikasi yang berjalan dapat juga menyebabkan Not Responding pada program lainnya.

Solusi
Mengatasi Excel Not Responding yang disebabkan oleh Aplikasi yang berjalan dilatar belakang yang menguras memory dengan cara klik Start ketikan Run selanjutnya tekan Enter/Ok. 

Setelah tekan Enter akan muncul kotak dialog dan tulislah perintah "msconfig" selajutnya Enter/Ok dan akan muncul kotak dialog, Pada kotak dialog klik pada tab Startup.

Buanglah centang aplikasi yang tidak diperlukan agar menghemat memory.

Penyebab
Excel tidak sedang digunakan oleh proses lain. Pastikan Excel sedang tidak digunakan oleh aplikasi lain. Excel Not Responding bisa muncul karena Excel sedang digunakan oleh proses atau aplikasi lain. Pastikan di TaskBar Excel tidak dalam proses yang dapat menggangu proses tersebut.

Solusi
Tunggu hingga selesai proses aplikasi lain yang sedang berlangsung atau menghentikan kegiatan excel semuanya. klik kana pada Tasbar >> Start Task Manager >> Tab Proses >> cari pada daftar Excel, selanjutnya klik kanan dan pilih End Proses.


Penyebab
Add-Ins Yang Tidak Cocok. Add-Ins yang rusak ataupun tidak cocok dengan versi Office yang anda gunakan bisa menyebabkan munculnya error dengan pesan Excel Not Responding.

Solusi 
Masuk Excel Mode Aman dengan cara tekan tombol Logo Windows + R secara bersamaan dan akan muncul kotak dialog Run. Pada kotak dialog Run ketikkan "Excel/safe" Selanjutnya tekan Enter atau Ok. Setelah proses selesai selanjutnya klik pada klik File >> Opsi >> Add-in. Pilih Add-in COM dan klik Go. selanjutnya Kosongkan semua kotak centang dalam daftar Add-Ins dan klik OK. Terkahir tutup dan mulai ulang Excel.

Penyebab
Excel Sudah Tidak Sempurna. Excel yang sudah corrupt disebabkan oleh virus yang menghapus file pendukung bisa menyebabkan muncul Excel Not Responding.

Solusi
Instal kembali Microsoft Office. Adakalah lebih baik instal versi terbaru dari Microsoft Office.

Demikian beberapa solusi cara mengatasi Excel Not Responding. Semoga bisa menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Excel Not Respoding. Jika Posting ini dirasakan ada manfaat mohon dapat dibagikan ke teman-teman lain dengan cara klik tombol share. Sampaikan saran, kritikan dan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia.


3 komentar untuk "Cara Mengatasi Excel Not Responding"

  1. Balasan
    1. If not working at all. you must do unstall office.... and get instal again form another or deferent master file office..

      Hapus
  2. terima kasih ilmunya semoga jadi amal jariah aamiin

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini