Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Bikin Buku Huruf Putus-Putus Untuk Anak Paud dan TK Dengan Word

Cara Bikin Buku Huruf Putus-Putus Untuk Anak Paud dan TK Dengan Word
Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Salam..!! Pada kesempatan ini Admin akan berbagi Cara Bikin Buku Tulisan Huruf Putus-Putus Untuk Anak Paud dan TK.

Posting ini berawal beberapa hari yang lalu buah hati satu-satunya (InsyaAllah Ditambahkan lagi oleh Allah;Penuh Harap;Amin..!!) yang telah berumur 4,5 tahun meminta buku gambar huruf putus-putus.

Contoh Buku Tulis Putus-Putus



Admin sendiri sempat bingung buku yang bagaimana yang buah hati maksud. sedikit penjelasan dari buah hati, buku dengan huruf titik-titik yang bisa disambung saat ditulis diatasnya. 

Karena anggaran di dompet lagi terpangkas dan pemasukan yang agak minimalis (baca;Minim). Maka mencari solusi lain yang bisa meringankan.

Selanjutnya Admin mencoba mencari Font yang mendukung tulisan putus-putus atau titik-titik yang bisa digunakan.

Hasil searching Admin mendapatkan dua font yang bagus untuk dijadikan font tulisan putus-putus atau titik-titik. Font untuk menulis huruf hijayyah Admin gunakan Font KFGQPC Alphabet Dotted v001 dan Font untuk menulis huruf latin Admin gunakan Font Trace Font For Kids.

Langkah-Langkah Cara Bikin Buku Huruf Putus-Putus Untuk Anak Paud dan TK Dengan Word :
  • Buka Office Word (Tutorial ini menggunakan Word 2016, Untuk Word versi lain dapat disesuikan saja).  Agar bisa diprint bolak-balik seperti buku maka kita akan mensetting paper terlebih dahulu.
  • Pilih pada Tab Layout, klik tanda panah pada Page Setup setelah itu akan muncul kotak dialog Page Setup. Setelah kotak dialog Page Setup muncul, klik pada Margins dan ubah Multiple Page Normal menjadi Book Fold. Selanjutnnya pilih tab Paper dan tentukan Paper Size A4 atau F4 (F4 lebih baik). Klik pada tab Layout, atur Selection Direction seseuai dengan keperluan. Pilihan Right to Left akan menghasilkan cetakan arah kanan ke kiri seperti buku gaya arabic dan pilihan Left to Right akan menghasilkan cetakan arah kiri ke kanan seperti penulisan buku dengan huruf latin. Perhatikan gambar dibawah ini.
Pengaturan Page Setup
  • Jika sudah mengatur Page Setup sesuai dengan point diatas dan gambar diatas maka selanjunya membuat tabel. Tabel yang dibuat berfungsi untuk menempatkan huruf dalam setiap kotak-kotak tabel. Buatlah tabel seperti yang terlihat pada gambar dengan caption Huruf Arab Menggunakan Font KFGQPC Alphabet Dotted v001 atau anda dapat menyesuaikan sendiri tabel sesuai dengan keinginan sendiri.
  • Ketikalah huruf dengan menggunakan Font KFGQPC Alphabet Dotted v001 jika untuk bahasa arab dan menggunakan font Trace Font For Kids untuk huruf latin. Sesuaikan variasi huruf sesuai dengan kreatifitas masing-masing.
  • Jika sudah mengetik tiap huruf, langkah selanjutnya mencetak. Cara mencetak untuk menghasilkan seperti buku yaitu Control + P. Pada halaman Preview klik pada Printer Properties selanjutnya pada kotak dialog centang pada cekbox Manual Dupleks Print (Berbeda printer bisa berbeda tulisan). Pada printer Epson L350, setelah klik Printer Properties maka akan muncul kotak dialog printer. Pada tab Main centang pada 2-Sided Printing - Setting - Left-Long-Edge - Centang pada Booklet. Perhatikan gambar dibawah ini untuk pengaturan printer Epson L350 Series
Properties Printer Epson L350 Series
  • Jika printer anda tidak memiliki print out timbal balik otomatis maka atur Print One Side ubah menjadi Manual Print On Both Sides. dan selanjutnya klik tombol print. Bila setelah klik perintah print muncul kotak dialog pemberitahuan maka jangan klik OK. Tunggu hingga print selesai untuk satu sisi paper. Jika sudah maka letakkan kembali paper ke printer setelah itu baru klik Ok.
Demikian posting Cara Bikin Buku Huruf Putus-Putus Untuk Anak Paud dan TK Dengan Word. Semoga menjadi referensi bagi guru PAUD dan TK yang sedang mencari informasi tentang cara bikin buku Huruf Putus-Putus.

Nonton Versi Video :

Bila punya pengalaman lainnya mohon dapat dishare pada kolom komentar. Jika posting ini dirasakan bermanfaat maka mohon dapat dishare ke teman-teman lagi agar mereka juga mengetahui caranya.

Getting Info...

3 komentar

  1. Lagi coba di word 2016 semoga bisa
    1. tentu bisa. karena tergantung font saja
  2. ada saran font lain tidak ya kak untuk tulisan arab, karena yang KFGQPC itu huruf ه-nya begitu, tidak seperti umumnya
Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.