Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda Ketahui

Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda KetahuiRumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda Ketahui - Ada beberapa rumus dasar yang wajib anda ketahui jika pekerjaan anda menggunakan Excel. Rumus-rumus dasar ini akan mempermudah pekerjaan anda dalam setiap kondisi. Rumus-rumus dasar ini yang paling banyak digunakan dalam menghitung dan membuat laporan pekerjaan. Rumus dasar yang wajib anda kuasai ini merupakan rumus yang akan selalu anda gunakan dalam setiap pekerjaan menggunakan Excel. Anda wajib menghafal penggunaan rumus-rumus dasar ini untuk mempermudah pekerjaan. Jika anda ingin melamar pekerjaan diperusahaan, rumus-rumus dasar ini yang paling sering ditanyakan dalam interview. Pada kenyataannya rumus dan formula yang dapat difungsikan pada Excel sangat banyak. Menguasai seluruh rumus dan formula serta penerapannya akan menjadikan anda seorang profesional dalam dunia Excel. Untuk menguasai seluruh rumus dan formula yang ada dalam Excel sangat sulit jika tidak sering melakukan latihan dan experiment terhadap berbagai macam kasus. Namun bagi anda yang memang memiliki kemampuan pas-pasan dalam Excel rumus-rumus yang admin sajikan wajib anda kuasai.
Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda Ketahui - Ada beberapa rumus dasar yang wajib anda ketahui jika pekerjaan anda menggunakan Excel. Rumus-rumus dasar ini akan mempermudah pekerjaan anda dalam setiap kondisi. Rumus-rumus dasar ini yang paling banyak digunakan dalam menghitung dan membuat laporan pekerjaan. Rumus dasar yang wajib anda kuasai ini merupakan rumus yang akan selalu anda gunakan dalam setiap pekerjaan menggunakan Excel.

Anda wajib menghafal penggunaan rumus-rumus dasar ini untuk mempermudah pekerjaan. Jika anda ingin melamar pekerjaan diperusahaan, rumus-rumus dasar ini yang paling sering ditanyakan dalam interview.


Pada kenyataannya rumus dan formula yang dapat difungsikan pada Excel sangat banyak. Menguasai seluruh rumus dan formula serta penerapannya akan menjadikan anda seorang profesional dalam dunia Excel. 

Untuk menguasai seluruh rumus dan formula yang ada dalam Excel sangat sulit jika tidak sering melakukan latihan dan experiment terhadap berbagai macam kasus. Namun bagi anda yang memang memiliki kemampuan pas-pasan dalam Excel rumus-rumus yang admin sajikan wajib anda kuasai. 

Jika tidak..!! anda harus bekerja secara manual menggunakan komputer yang canggih. Ibaratnya seperti petani yang membawa traktor kesawah namun menggunakan cangkul untuk membajak. Traktor yang memiliki kemampuan membajak lebih cepat hanya berdiri di pematangan sawah.

1. SUM

Rumus SUM berkhasiat untuk menjumlahkan sejumlah angka. Rumus SUM paling mudah digunakan untuk mengetahui jumlah saldo, Jumlah Hutang, Jumlah tunggakan, Jumlah Penjualan, Jumlah Nilai pada Raport dan banyak lainnya  yang tidak mungkin admin sebutkan semuanya.

Pada pengetahuan dasar Excel tanda tambah (+) dijadikan fungsi untuk penjumlahan. Namun jika ada data yang harus dihitung penjumlahannya yang terdiri dari puluhan baris menggunakan tanda (+) untuk tiap cell akan menyita waktu cukup lama. anda harus mengetik tanda + dan mengklik tiap cell yang ingin anda jumlahkan.

Rumus SUM mempersingkat pekerjaan dalam penjumlahan data yang sangat banyak. Anda hanya mengetik rumus "=SUM", tekan tab pada keyboard dan klik pada awal data serta drag hingga akhir data pejumlahan dengan mudah dilakukan. berikut format rumus SUM sederhana

=SUM(number1, number2, dan seterusnya).

Rumus SUM dapat menjumlahkan angka yang berada di cell yang berbeda-beda. Dengan kata lain data yang letaknya tanpa berututan sekalipun. Pokoknya rumus SUM tinggi khasiatnya.

2 AVERAGE

Rumsu AVERAGE berkhasiat untuk menghitung nilai rata-rata dari sejumlah data angka. Anda hanya cukup mengetikan "=Average" selanjutnya tekan Tab pada keyboard dan selanjutnya klik pada awal data serta drag hingga akhir data. Selanjutnya tekan Enter. Nilai rata-rata dengan mudah dapat ditemukan. Berikut rumus AVERAGE sederhana

=AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya).

Cobalah membuat percobaan dengan menggunanakan rumus AVERAGE. ketikkan sejumlah angka pada A1 hingga A6 selanjutnya pada cell A7 gunakan Rumus =AVERAGE(A1:A6) nilai rata-rata-rata dengan cepat ditemukan.

3. MAX dan MIN

Khasiat rumus MAX tidak diragukan dalam mencari nalai angka tertinggi dari sederetan angka. Rumus MAX paling sederhana sebagai berikut.

=MAX(number1, number 2, dan seterusnya)

Admin asumsikan jika ada data dari cel A1 hingga cell A10 terdiri dari sejumlah deretan angka yang berbeda-beda. Untuk menemukan nilai tertinggi anda cukup mengetikkan pada cell A11 rumus "=MAX" selanjutnya tekan tab pada keyboard dan pilih cell pada awal data A1 serta drag hingga akhir data A10. Selanjutnya tekan enter pada keyboar, data dengan nilai tertinggi akan ditampilkan pada cell A11


Khasiat rumus MIN memang sangat mujarab untuk menemukan nilai angka terendah dari sederatan angka. Rumus MIN paling sederhana dapat dituliskan sebagai berikut.

=MIN(number1, number2, …)

Sebagai experiment penggunaan rumus MIN. Admin asumsikan bahwa ada sederatan angka yang berbeda-beda yang terletak dari cell B1 hingga cell B10. Untuk menembukan nilai terendah dari sederatan angka tersebut ketikkan pada cell B11 dengan menggunakan rumus "=MIN", tekan tab pada keyboard selanjutnya pilih data pada cell B1 menggunakan mouse serta drag hingga akhir data pada cell B10. Setelah itu tekan enter pada keyboar. Pada cell B11 dengan cepat muncul nilai teredah.

3. Count

Khasiat rumus Count seperti yang kita ketahui bersama untuk menghitung jumlah data angka yang dipilih dalam suatu range. Sekali lagi admin tekankan bahwa Khasiat rumus Count itu menghitung jumlah data bukan menjumlahkan angka. Bentuk umum menuliskan rumus count sebagai berikut.

=COUNT(number 1, number 2, ….)

Anda bisa melakukan percobaan dengan rumus count. Admin asumsikan bahwa ada sejumlah deretan angka dari cell A1 hingga cell A10. Pada cell cell A11 ketikan rumus "=Count" tekan tab pada keyboard selanjutnya kli pada cell A1 serta drag hingga A10 setelah itu tekan tombol enter pada keyboard. Pada cell A11 angka terlihat jumlah data deretan angka.

4. Logika IF

Rumus IF sering sekali digunakan bagi yang membuat laporan untuk menentukan kreteria terhadap jumlah seuatu data. Sebagai contoh sederhana pada lembaga pendidikan dalam membuat raport menggunakan Excel. Jika siswa mendapatkan nilai dibawah 69 maka nilanya hurufnya D, jika nilai 70 hingga 79 nilai hurufnya C, Jika mendapatkan nilai 80 hingga 89 maka nilai hurufnya B, jika mendapatkan nilai 90 hingga 100 maka nilai hurufnya A. Penulisan rumus if sebagai berikut 

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).

Sebagai contoh sederhana lain adalah bila siswa mendapatkan nilai dibawah 70 maka gagal dan bila siswa mendapatkan nilai diatas 70 maka dianggap lulus.

Demikian yang yang dapat admin jelaskan pada artikel yang berjudul Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda Ketahui. Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda Ketahui.

Bagi anda yang minat belajar Vba Excel secara mandiri melalui berbagai macam contoh file penerapan kode Vba Excel serta aplikasi Vba Excel tanpa proteksi mohon dapat menghubungi Admin dengan nomor 0811-6822-023 baik melalui sms, WhatsApp atau Telegram.

Jika ingin menyampaikan pesan, pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat disampaikan dengan bijaksana pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel.

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.