Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Mengatur Tata Letak Halaman Word 2016 Untuk Hasil Print Terbaik

Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Pada kesempatan ini admin akan mencoba menguraikan  tentang Cara Mengatur Tata Letak Halaman Word 2016 Untuk Hasil Print Terbaik. Cara yang tepat mengatur tata letak halaman Word 2016 Untuk Hasil Print Terbaik menentukan hasil akhir dari sebuah dokument. 

Sebagaimana kodratnya alam yang harus dijaga keseimbangan sama halnya dengan sebuah dokument. Dalam hal ini tata letak sebuah dokument Word harus diatur  secara khusus sesuai dengan kebutuhan.

Tampilan Mengatur TaTa Letak Halaman
Mulai dari halaman yang digunakan, jarak pinggir kanan halaman, pinggir kiri halaman, jarak halaman atas dan bawah halaman, ukuran paper/kertas, model halaman dan beberapa hal lainnya yang sangat diperlukan agar mendapatkan hasil cetak yang terbaik.

Tahap mengatur tata letak halaman Word 2016 bisa dilakukan diawal pengetikan ataupun pada tahap akhir. Namun sebelum mencetak kita harus melakukan review terhadap dokument sebelum mencetak. 

Review ini penting dilakukan agar mendapatkan hasil sebagaimana diharapkan. Kebanyakan dari hasil cetak dokument mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan disebabkan pengaturan pada tata letak halaman Word tidak diatur dan di review. (Review;  Mengecek kembali tata letak halaman dokument)

Mengatur Model Orientasi Halaman
Mengatur model oriantasi halaman dapat dilakukan pada tahap awal sebelum pengetikan dokument dimulai. Model orientasi halaman memiliki dua macam pilihan yaitu Portrait secara Vertikal (berdiri memanjang ke bawah) dan Landscape secara Horizontal (terlentang/panjang kesamping). Cara mengatur model orientasi halaman sebagai berikut  :
  • Klik pada tab Layout
  • Orientation
  • Pilih model orientation sesuai dengan yang dibutuhkan. Portrait atau LandScape
Mengatur Margin Halaman
Margin halaman merupakan batas dan jarak antara pinggir paper/kertas dengan ketikan huruf. Cara paling cepat dengan cara klik dan drag pada batas ketikan dokument yang terdapat pada rule. Namun cara ini bisa jadi batas dan jarak tepi paper/kertas hanya sesuai dengan pandangan mata saja.

Setiap dokument resmi memiliki aturan Margin sendiri. Admin pernah melihat beberapa pengaturan Margin Skripsi yang diatur oleh birokrasi Universitas masing-masing. Berikut cara mengatur Margin berdasarkan keinginan dan kebutuhan masing-masing :
  • Klik pada tab Layout
  • Pilih Margin dan akan muncul beberapa pilihan Margin yang sudah ada. Namun jika ingin menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri silahkan klik Custom Margins. 
  • Pada kotak dialog Page Setup yang muncul, pada tab Margins aturlah bagian-bagian berikut :
Top = digunakan untuk menentukan batas dan jarak pada bagian atas
Bottom = digunakan untuk menentukan batas dan jarak pada bagian bawah
Left = digunakan untuk menentukan batas dan jarak pada bagian samping kiri
Right = digunakan untuk menentukan batas dan jarak pada bagian samping kanan
Header = digunakan untuk menentukan batas dan jarak pada bagian judul kepala "header/atas"
Footer = digunakan untuk menentukan batas dan jarak pada bagian judul kaki "bawah"


Mengatur Ukuran Paper/Kertas
Pada umumnya di kantoran paper/kertas yang paling sering digunakan A4, A4s dan F4. Untuk ukuran F4 perlu di sesuaikan karena tidak terdapat pada pengaturan Defauld Microsoft Office. Langkah-langkah mengatur paper/kertas sebagai berikut :

  • Klik pada tab tab Layout
  • Pilih Size dan akan muncul berbagai macam ukuran paper yang tersedia
  • Bila ingin memasukkan secara manual ukuran yang kertas yang diinginkan klik pada More Paper Size
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog Page Setup dan isikan ukuran paper/kertas yang di inginkan pada kotak Width dan Height
Untuk mengatur ukuran paper/kertas dengan ukuran F4 yang muncul otomatis pada pilihan paper ketika kita klik Size akan kita bahas pada artikel lain.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatur Tata Letak Halaman Word 2016 Untuk Hasil Print Terbaik. Semoga menjadi referensi bagi yang baru belajar Micorosoft Word 2016 pada tingkat dasar.

Jika artikel ini dirasakan ada manfaatnya mohon dapat dishare ke teman lain melalui media sosial agar mereka juga tau cara mengatur tata letak halaman Word 2016.

Jika ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat dituliskan pada kotak komentar yang tersedia dibawah artikel ini.

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.