Cara Setting Arab Jawi di Komputer

Posting ini merupakan posting pertama saya untuk Kategori Word. Ada suatu keahlian yang saya dapat secara otodidak yaitu mengetik Arab Jawi. Saya berfikir beberapa hari ini bahwa cara mengetik Arab Jawi wajib saya publikasikan di dunia internet.

Karena menurut saya pribadi Arab Jawi merupakan salah satu budaya Islam yang sudah lama berada di nusantara. Bahkan sebelum belanda menjajah daerah Kerajaan Rumpun Melayu, Kerajaan-kerajaan yang ada ketika itu menggunakan tulisan Arab Jawi untuk kegiatan surat menyurat dan menulis kitab ilmu agama dan perobatan. 

Fenomena setelah penjajahan belanda yang dilanjutkan dengan penjajahan jepang di daerah Kerajaan Rumpun Melayu membuat tulisan Arab Jawi tidak lagi populer digunakan dalam kalangan masyarakat pada umumnya.

Tulisan Arab Jawi sudah ditukar dengan tulisan huruf latin. Hanya Balai Pengajian dan pondok-pondok pesantren salafiyah yang masih menggunakan kitab-kitab yang ditulis menggunakan Arab Jawi melayu. Mengajarkan cara membaca dan menulis.

Namun hanya sedikit sekali orang yang bisa menulis dengan huruf Arab Jawi. Saya sendiri tidak dapat menulis secara sempurna Arab Jawi. 

Oleh karena itu, Cara menulis Arab Jawi melayu akan saya sampaikan secara lengkap sesuai dengan kemampuan yang ada. Saya tidak ingin budaya Islam yang sangat berharga ini hilang dalam kehidupan ini.

Arab Jawi merupakan salah satu identitas dan bukti kemajuan Islam. Semoga Allah memberikan jalan kemudahan bagi orang - orang yang dipilih oleh-Nya untuk mempelajari tentang cara menulis Arab Jawi di Microsoft Word di blog ini.

Semoga Allah memelihara akan tulisan Arab Jawi di dunia ini hingga akhir masa. Semoga Allah mencurahkan Keampunan dan Ilmunya bagi kami hamba fakir akan ilmu, yang mempunyai banyak dosa. Amiin.!! 

Persiapan yang harus anda siapkan sebagai sarana dalam komputer untuk mengetik Arab Jawi adalah aplikasi yang menanamkan perintah pada keyboard untuk mengeluarkan tulisan Arab Jawi.

Sebelumnya posting saya pernah mempublikasikan tentang keyboard Arab Jawi yang saya dapatkan disalah satu website dari negara Malaysia.

Namun pada posting ini saya akan berbagi pengalaman baru mengetik Arab Jawi dengan menggunakan Aplikasi Keyboard Jawi-Keyboard-Sirim yang juga buatan dari anak negeri jiran, Artificial Intelligence Technology Fakulti Teknologi Sains Maklumat, UKM yang dipublikasikan tahun 2010. Untuk langkah memasang Arab Jawi dikomputer ikuti ulasan langkah - langkahnya hingga selesai.

Langkah - Langkah Mempersiapkan Keyboard Arab Jawi di Komputer 
  • Download Aplikasi Jawi-Keyboard-Sirim, Selanjutnya Instal di komputer dengan petunjuk file yang ada dalam aplikasi.
  • Instal juga font yang terdapat dalam file Rar yang didownload. Karena font tersebut mendukung 100% huruf Arab Jawi.
  • Setelah Instal pastikan bahwa pada Language Bar tanda Keyboard Jawi sudah dapat digunakan dengan cara klik pada Language Bar pilih AR Arabic dan muncul salah satunya Jawi-Keyboard-Sirim perhatikan gambar dibawah. Jika pilihan arab atau Language Bar tidak muncul baca petunjuk Setting Huruf Arab Windows 7.
Cara Setting Arab Jawi di Komputer

Demikian Posting Cara Setting Arab Jawi di Komputer, Semoga dapat menjadi referensi bagi yang mencari informasi tentang

Arab Jawi. Jika ada kendala dalam memasang Aplikasi ini dapat menyampaikannya pada kolom komentar.

Semoga Posting ini menjadi semangat baru untuk menulis cara-cara penulisan Arab Jawi di Microsoft Word.

Dan semoga artikel ini menjadi referensi bagi yang sedang mencari cara setting arab jawi di komputer.

Sampaikan saran, kritikan serta pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini dengan bijaksana.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Arab Jawi di Komputer"