Cara Mencetak Beberapa Data Dari ListBox Vba Excel

Belajar Vba Excel memang sangat menarik. Kita dapat belajar Vba Excel dari membuat aplikasi yang dapat kita gunakan untuk pekerjaan kita sehari-hari. Pengalaman Admin awal mula belajar Vba Excel saat itu Admin sangat membutuhkan aplikasi database siswa. Berbagai macam web Vba Excel Admin kunjungi untuk mendapatkan informasi kode Vba. Berbagai macam model aplikasi Vba Excel gratis Admin download untuk Admin pelajari. 

Cuma mempelajari alur kerja kode saja. Sampai sekarang Admin sendiri tidak paham untuk menerjemahkan tiap baris kode. yang penting alur kerjanya sesuai dengan yang Admin inginkan. Bila anda membangun sebuah aplikasi untuk dipakai untuk pekerjaan jangan menyerah pada error. Cari forum untuk memecahkan masalah, bergabunglah di group Vba Excel di Facebook, Lihat admin group dan orang-orang dalam group yang sering memberikan solusi kepada yang bertanya digroup. Jadikan teman di Facebook untuk bertanya secara private melalui chat. Sekian tips belajar Vba Excel.

Cara Mencetak Beberapa Data
Pada kesempatan ini Admin akan berbagi Cara Mencetak Beberapa Data Dari ListBox. Sering dalam mencetak data kita menginginkan mencetak beberapa data terpilih. Mencetak dengan cara ini lebih efektif. Karena data yang terdapat di ListBox dapat dipilih. Perhatikan gambar format gif dibawah ini. Pada gambar terlihat terdapat sebanyak 8 data yang ditampilkan dalam ListBox. Terdapat 3 data yang dipilih untuk dicetak.

Langkah - Langkah Mencetak Beberapa Data Dari ListBox Vba Excel :
  • Jurus pertama yang anda harus lakukan buka Microsoft Excel. langsung ubah atau rename Sheet1 menjadi DataBase. Selanjutnya bikin data yang dimulai dengan header data pada cell A2 = Nis, cell B2 = Nisn, cell C2 = Nama Siswa, cell D2 = Kelas, cell E2 Alamat dan cell F2 = Nama Ayah. Serta lengkapi datanya sesuai judul header ya..!!!
  • Rename Sheet1 menjadi "Percetakan" dan lengkapi form untuk digunakan sebagai format cetakan data. Pada cell B2 dengan judul Biodata Siswa, cell B3 = Nis, cell B4 = Nisn, cell B5 = Nama Siswa, cell B6 = Kelas, cell B7 = Alamat dan cell B8 = Nama Ayah.
  • Rancang sebuah UserForm lengkap dengan control yang dibutuhkan seperti terlihat pada gambar format gif diatas. Klik pada tab Developer dan pilih Visual Basic. Pada jendela Visual Basic masukkan UserForm, Frame1, ListBox1 dan CommandButton1. Sesuaikan letaknya seperti gambar format gif diatas. Atur properties UserForm dan control lainnya dengan ketentuan sebagai berikut
Properties UserForm
UserForm1 dengan BackColor = &H00F1CC94&, Caption = Cetak Data, lainnya standar saja

Properties Frame
Frame1 dengan Capition dihapus atau dikosongkan saja, BackColor = &H00404000&, BorderStyle = 1 - fmBorderStyleSingle dan lainnya standar saja

Properties ListBox
ListBox1 dengan (Name) = ListDataBase, BackColor = &H00000040&, BorderColor = &H000000C0&, BorderStyle = 1 - fmBorderStyleSingle, ColomnCount = 7 ColumnWidths = 15 pt;40 pt;60 pt;60 pt;40 pt;80 pt;60 pt, ForeColor = &H00FFFFFF&, ListStyle = 1 - fmListStyleOption, MultiSelect = 1 - fmMultiSelectMulti dan lainnya standar saja.

Properties CommandButton
CommandButton1 dengan (Name) = cmdCetak, Accelerator = C, Pictures jika anda memiliki gambar ico yang bisa dimasukkan jika tidak ada bukan suatu masalah. 
  • Kode berikut ini untuk menampilkan data pada ListBox dengan cara klik kanan UserForm pilih View Code dan tulislah kode berikut ini pada objek (General)
Sub DataBaseShow()

Set ShT = Sheets("DataBase")

ListDataBase.Clear
Set Status = ShT.Range("A3", ShT.Range("A3").End(xlDown))
With ShT
      Set RNIS = Status.SpecialCells(xlCellTypeVisible)
       For Each STampilData In RNIS
        With ListDataBase
       
            .AddItem STampilData.Value
            .List(.ListCount - 1, 0) = STampilData.Row - 2
            .List(.ListCount - 1, 1) = STampilData.Value
            .List(.ListCount - 1, 2) = _
                STampilData.Offset(0, 1).Value
            .List(.ListCount - 1, 3) = _
                STampilData.Offset(0, 2).Value
             .List(.ListCount - 1, 4) = _
                STampilData.Offset(0, 3).Value
            .List(.ListCount - 1, 5) = _
                STampilData.Offset(0, 4).Value
             .List(.ListCount - 1, 6) = _
                STampilData.Offset(0, 5).Value
        End With
    Next STampilData
End With

End Sub
  • Tulislah kode berikut ini untuk memanggil kode DataBaseShow pada objek UserForm dengan Event Activate dengan cara klik kanan UserForm pilih View Code dan masukkan kode berikut
Private Sub UserForm_Activate()
Call DataBaseShow
End Sub
  • Kode berikut untuk memberikan perintah cetak pada tombol Cetak. Klik kanan pada CmdCetak dengan caption cetak pilih View Code dan tulislah kode berikut ini.
Private Sub cmdCetak_Click()
If UserForm1.ListDataBase.ListIndex = 0 Then
MsgBox "Data Tidak Dipilih", vbCritical, "Aplikasi Cetak Terpilih"
    Exit Sub
    End If

Set FormCetak = Sheets("Percetakan")
 
For PilihanCetak = 0 To ListDataBase.ListCount - 1



    If ListDataBase.Selected(PilihanCetak) Then

        FormCetak.Range("C3").Value = ": " & ListDataBase.List(PilihanCetak, 1)
        FormCetak.Range("C4").Value = ": " & ListDataBase.List(PilihanCetak, 2)
        FormCetak.Range("C5").Value = ": " & ListDataBase.List(PilihanCetak, 3)
        FormCetak.Range("C6").Value = ": " & ListDataBase.List(PilihanCetak, 4)
        FormCetak.Range("C7").Value = ": " & ListDataBase.List(PilihanCetak, 5)
        FormCetak.Range("C8").Value = ": " & ListDataBase.List(PilihanCetak, 6)
        Sheets("Percetakan").PrintOut Copies:=1, Collate:=True
    End If
 
Next PilihanCetak
 
End Sub

Jika sudah menempatkan kode ujilah aplikasi yang anda rancang dengan cara klik Run atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Aplikasikan akan berjalan sebagaimana diharapkan seperti terlihat pada gambar format gif diatas jika anda sudah mengikuti langkah-langkahnya secara benar dan tepat. jika masih error coba lagi.

Demikian posting tentang Cara Mencetak Beberapa Data Dari ListBox Vba Excel. Jika posting ini bermanfaat mohon dapat mengklik tombol share media sosial. jika ada kendala atau ingin menyampaikan masukan silahkan disampaikan pada kolom komentar. semoga posting ini dapat menjadi referensi bagai mereka yang mencari informasi cara membuat tombol Cetak Bba Excel.

2 komentar untuk "Cara Mencetak Beberapa Data Dari ListBox Vba Excel"

  1. Balasan
    1. Untuk contoh dapat merujuk pada artikel yang ada pada 2 posting berikut :
      1. https://www.senbakusen.com/2018/04/contoh-file-penerapan-vba-excel-dan.html
      2. https://www.senbakusen.com/2018/07/sample-file-dan-aplikasi-vba-excel-dari.html

      semoga dapat dimaklumi..

      Hapus

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini