Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

VBA Excel Pemula 31 : Pengenalan ListBox - Menampilkan Data Sheet Ke ListBox

Unknown
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
VBA Excel Pemula 31 : Pengenalan ListBox - Menampilkan Data Sheet Ke ListBox - ListBox adalah salah satu kontrol UserForm. kita dapat memilih dan menyeret ListBox ke UserForm.

Listbox digunakan untuk menampilkan daftar item atau menampilkan data yang terdapat disheet ke ListBox. Silakan menemukan penjelasan lebih lanjut tentang pengenalan ListBox_Control pada posting ini. 

Menampilkan Data Sheet Ke ListBox

Kita dapat melihat bagaimana untuk menampilkan data ke listbox_Control.

Pada percobaan menampilkan data dari sheet ke listbox ini menggunakan range dinamis.

Dengan menggunakan range dinamis sebagai RowSource untuk listbox maka kolom listbox tidak terbatas hanya 9 kolom saja, namun akan menampilkan semua data yang ada dalam area range dinamis tersebut.

Cara Menampilkan Data Sheet Ke ListBox

  • Buka Excel, buat data pada Sheet1 seperti terlihat pada gambar gif diatas. Jangan lupa disave dengan format Enable Macro atau Binary
  • Klik Formulas, Pilih Name Manager. Pada Jendela Name Manager Pilih New dan akan tampil jendela baru untuk membuat range. Isikan Name "R_DATA". Isikan Referer To dengan Range Dinamis Berikut dengan tujuan bila data bertambah maka range juga akan membaca dan manampikannya ke ListBox

=OFFSET(Sheet1!$A$1;1;0;COUNTA(Sheet1!$A:$A);3)

  • Selanjutnya Pilih Tab Developer, klik Visual Basic atau dengan jalan pintas keyboard tekan secara bersamaan tombol Alt+F11.
  • Pada Jendela Visual Basic rancang aplikasi sebagaimana terlihat pada gambar gif diatas. Tambahkan UserForm1 dengan Caption "Aplikasi Pemula 31" dan tambahkan ListBox1
  • Klik kanan pada UserForm1 dengan Caption "Aplikasi Pemula 31", pilih View Code dan masukkan kode berikut ini

Private Sub UserForm_Initialize()
With ListBox1
.RowSource = "R_DATA"
.ColumnCount = 3
.ColumnHeads = True
.ColumnWidths = "35, 80, 80"
End With
End Sub

  • Selesai..!! Uji Aplikasi dengan mengklik Run atau dengan menekan tombol F5. Bila penempatan kode dan rancangan UserForm sudah mengikuti dengan benar maka LisBox akan menampilkan data yang terdapat pada sheet1.

Download : Aplikasi Pemula 31


Demikian Posting VBA Excel Pemula 31 : Pengenalan ListBox - Menampilkan Data Sheet Ke ListBox. Semoga dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Bila anda ingin berbagi kode lainnya yang menyangkut dengan ListBox, Silahkan Share dikolom komentar. Semoga Bermanfaat..!!!

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.