Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

VBA Excel Pemula 30 : Pengenalan Properties Label - Caption, BackColor, ForeFont, Font Size

Unknown
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
VBA Excel Pemula 30 : Pengenalan Properties Label - Caption, BackColor, ForeFont, Font Size - Label adalah salah satu kontrol UserForm.

Anda dapat memilih dan menyeret Label pada UserForm. Label digunakan untuk menampilkan pertunjukan teks atau informasi. 



Label dapat digunakan sebagai judul aplikasi atau keterangan textbox dan keterangan lainnya yang menerangkan fungsi tertentu padaUserForm.

Anda dapat melihat cara kerjanya dan beberapa pemanfaatan Label pada UserForm Posting ini.

Disini kita dapat mempelajari beberapa macam tentang menggunakan label dengan mengatur properties menggunakan kode vba dan memahami properties label melalui jendela properties.

mencoba membuat label dengan berbagai fungsi dan perubahan label saat tombol perintah diklik. Sangat diharapkan pengenalan properties label ini dapat dipraktekkan secara mandiri.

Dengan merancang userform yang dilengkapi label dan tombol-tombol yang memberikan perintah untuk mengubah label menggunakan kode VBA.


Setting  Caption, BackColor, ForeFont, Font Size Menggunakan Kode VBA

  • Buka Excel, dan selanjutnya Pilih Tab Developer, klik Visual Basic atau dengan jalan pintas keyboard tekan secara bersamaan tombol Alt+F11. Jangan lupa disave dengan format Enable Macro atau Binary
  • Pada Jendela Visual Basic rancang aplikasi sebagaimana terlihat pada gambar gif diatas. Tambahkan UserForm1 dengan Caption "Aplikasi Pemula 30" dan tambahkan Label1, serta tambahkan CommandButton1 dengan Caption "CAPTION", CommandButton2 dengan Caption "BackColor", CommandButton3 dengan Caption "FontColor", dan CommandButton4 dengan Caption "FontSize".
  • Klik kanan pada CommandButton1 dengan Caption "CAPTION", pilih View Code dan masukkan kode berikut ini untuk mengubah Caption Label1

Private Sub CommandButton1_Click()
Label1.Caption = "WWW.SENBAKUSEN.COM - THINKING AND ACTION"
End Sub


  • Klik kanan pada CommandButton2 dengan Caption "BackColor", pilih View Code dan masukkan kode berikut ini untuk mengubah Background Label1

Private Sub CommandButton2_Click()
Label1.BackColor = &H404000
End Sub


  • Klik kanan pada CommandButton3 dengan Caption "ForeFont", pilih View Code dan masukkan kode berikut ini untuk mengubah Warna tulisan Label1

Private Sub CommandButton3_Click()
Label1.ForeColor = &HFFFFFF
End Sub


  • Klik kanan pada CommandButton4 dengan Caption "FontSize", pilih View Code dan masukkan kode berikut ini untuk mengubah ukuran huruf Label1

Private Sub CommandButton4_Click()
Label1.Font.Size = 14
End Sub

  • Selesai..!! Gampang bukan..!! Uji aplikasi dengan mengklik Run atau menekan tombol F5 pada keyboard. Bila rancangan aplikasi dan penempatan kode telah diikuti dengan benar maka aplikasi akan berjalan dengan baik sebagaimana terlihat pada gif diatas. 

Setting  Caption, BackColor, ForeFont, Font Size Melalui Properties




Download : Aplikasi Pemula 30

Untuk Setting melalui Properties anda dapat memperhatikan gambar diatas, Pada gambar diatas bagian yang ditandai dengan kotak warna merah merupakan properties yang kita atur dengan kode VBA.

Terdapat banyak hal pada jendela Properties Label yang belum dapat saya jelaskan satu persatu.  Anda dapat mengotak-atiknya sendiri di jendela properties.

Pada posting VBA Excel Pemula 30 ini sebagai pengenalan Label saja. Yaa...!! Hanya pengenalan saja..!!! Bagi anda yang ingin share kode lainnya silahkan di share pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.