Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Mencegah Rename File Macro Excel

Unknown
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Perhatikan gambar format gif dibawah..!!! File Excel yang di rename setelah dibuka langsung memberikan peringatan agar nama file tidak di ubah dan harus dengan nama yang ditentukan oleh programernya. Walaupun Ngak penting-penting amat sich..!!!

Mencegah rename terhadap aplikasi VBA Excel dapat digunakan untuk melindungi validitas aplikasi yang dipesan oleh sesuatu lembaga. Misalnya, aplikasi yang kita bikin untuk Sekolah A maka nama aplikasi kita kasih embel-embel dengan menambahkan nama Sekolah A pada aplikasi sebagai identitas valid aplikasi tersebut.

Jika aplikasi digunakan oleh Sekolah B, namun aplikasi tersebut masih ada embel-embel Sekolah A, dapat dipastikan bahwa Sekolah B mendapatkan aplikasi bukan dari pihak programernya. Dengan demikian aplikasi yang digunakan tidak sah atau tidak dengan seizin programer.


Mencegah Rename File Macro Excel ini dapat juga digunakan untuk melindungi nama Aplikasi. Terkadang programer memberi nama kepada aplikasi dan menginginkan nama aplikasi tersebut tidak dirubah.

Ikuti langkah-langkah membuat file excel tidak bisa di rename. untuk percobaan ini saya  masih menggunakan file yang terdapat pada posting Tombol Simpan VBA Excel dengan tujuan agar anda bisa mengikuti dari awal pembahasan dengan demikian anda dapat membuat sebuah Aplikasi dari tahap awal secara otodidak.

Langkah-langkah Mencega Rename File Excel Macro :
  • Buka Visual Basic File Aplikasi Data yang sudah di download
  • Pada Project Explorer(Jika tidak tampil tekan Ctrl + R pada Keyboard), double klik pada tulisan "ThisWorkbook" dan akan tampil layout Code. Masukkan kode dibawah ini diantara Private Sub Workbook_Open() dan End Sub

If ThisWorkbook.Name <> "Aplikasi Data.xlsb" Then
     MsgBox "Maaf, Nama File Harus ''Aplikasi Data.xlsb, Tidak Boleh DiGanti''", 16, "Error..."
       ThisWorkbook.Save
         ThisWorkbook.Close
        Application.Quit
    Exit Sub
    End If

  • Selesai..!! Cobalah untuk merename file..!! bila anda meletakkan kode dengan benar maka file akan memberikan peringatan jika nama file di ganti.
Video Cara Mencegah Rename File Macro Excel

Demikian posting Cara Mencegah Rename File Macro Excel, Semoga dapat digunakan dan diaplikasikan pada aplikasi masing-masing.

Jika memiliki kode lain yang memiliki fungsi yang sama harap bisa di share di kolom komentar. 

Getting Info...

4 komentar

  1. sangat membantu tapi kok gak bisa ya pak...mungkin punya tutorial videonya tolong di share terimakasih
    1. Letakkan kodenya pada ThisWorbook yang ada pada Vba Project

      Private Sub Workbook_Open()
      ==Letakkan kode Disini==
      End Sub
  2. Sangat membantu. Terimakasih.
    Namun ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan.
    Saya memiliki beberapa prosedur untuk melindungi file Excel saya. Tentunya file ini type nya macro-enabled workbook kalau mau prosedurnya berjalan. Apakah bisa prosedur tersebut tetap berjalan pada type Excel workbook? Karena yang saya alami, walaupun sudah d lindungi dengan prosedur macro dalam type Excel macro-enabled workbook, lalu saya save-as ke Excel workbook, seluruh prosedur menjadi hilang dan tidak berlaku.
    1. Matikan filtur Save As dengan menggunakan Ribbon Modifikasi. Aplikasi yang dibuat akan lebih aman..!!
Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.