Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Menampilkan ListView Di UserForm VBA Excel

Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Belajar secara otodidak Visual Basic For Application yang terdapat pada excel yang lebih dikenal dengan sebutan VBA sempat membuat saya bingung.

Bingung dengan cara menampilkan ListView pada UserForm. Excel yang saya gunakan tidak dapat menampilkan ListView.

Cara Menampilkan ListView

Pada ketika itu saya menggunakan Windows 7 yang 32 bit dengan Microsoft Office 2007. Berbagai macam error muncul ketika saya mencoba menambahkan ListView pada UserForm. 

Berbagai solusi yang ada di website profesionalpun saya coba dan hasilnya Nihil.

Keadaan ini memaksa saya mencoba menggunakan Komputer dengan Windows 7 yang 64 bit dan Microsoft Office 2007 dan saya berhasil membuat beberapa percobaan menggunakan ListView. 
Saya mengambil kesimpulan ListView dapat jalankan dengan baik di Windows 7 yang 64 Bit dengan Microsoft Office 2007. Sementara untuk 32 bit saya tinggalkan karena belum menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi berbagaimacam error.

Saya mengambil keputusan untuk menginstal ulang komputer yang Windows Original bawaannya dengan Windows 7 yang 64 bit dan menggunakan Microsoft Office 2007. Ya...!! 

Demi mempelajari dan agar saya juga bisa memanfaatkan fasilitas ListView dan untuk berbagi di blog tercinta ini, biarlah saya korbankan Windows Original saya. Jadi Curhat yeah..!!

ListView merupakan salah satu control yang dimiliki oleh VBA Excel yang berfungsi sama dengan ListBox yaitu sebagai control untuk menampilkan data dan informasi. ListView lebih terlihat keren, dan sangat menarik bila di sematkan pada aplikasi karena terdapat giris-garis pembatas secara vertikal dan horizontal yang dapat digenser secara flesibel. 

Tampilan Header ListView juga membuat perbedaannya dengan ListBox. Tampilan Headernya yang berbeda dengan list data yang diampilkan sangat menarik dan akan membuat aplikasi yang menyematkan ListView terlihat lebih profesional.

Pada posting ini kita akan sama-sama mencoba mempelajari cara menambahkan ListView di ToolBox dan menampilkannya di UserForm. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini
  • Open Excel, pilih tab Developer selanjutnya klik Visual Basic. 
  • Pada jendela Visual Basic masukkan sebuah UserForm 
  • Klik ToolBox jika tidak muncul. Selanjut klik kanan pada ToolBox pilih Additional Controls dan akan muncul kotak dialog Additional Control 
  • Pada kotak dialog Additional Control cari dan centang pada tulisan Microsoft ListView Control, Version 6.0, Setelah dipilih klik Ok 
  • Maka ListView muncul pada ToolBox 

Perhatikan gambar format gif diatas yang mungkin akan lebih cepat memberikan pemahaman bagi anda. Hingga posting ini di publish saya belum dapat menambahkan ListView pada Excel 2007 yang 32bit. Jika anda mengetahui caranya saya sangat berharap bisa berbagi dikolom komentar.

Demikian posting Cara Menampilkan ListView Di UserForm VBA Excel. Semoga bermanfaat bagi yang belajar otodidak VBA Excel. 

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.