Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel

Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel Tombol entry Data tombol input data Macro Tombol Simpan Macro Entry Data Macro Input Data
Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel - Pada kesempatan ini admin akan mencoba menguraikan Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel. Tombol simpan sangat dibutuhkan dalam sebuah aplikasi yang menjalankan fungsinya merecord data ke dalam database. Tombol Simpan juga sering disebut dengan Tombol Entry Data, Tombol Tambah Data, Tombol Input Data dan banyak sebutan lainnya. Tentunya dalam artikel ini kita membahas mengenai Tombol Simpan menggunakan kode Macro atau kode Vba Excel. 

Beberapa kode perintah dimasukkan pada Tombol Simpan yang dapat menjalankan fungsinya untuk menyimpan data ketika tombol di klik. Data yang dimasukkan melalui TextBox atau ComboBox dan element lainnya akan di record ke dalam sheet yang dijadikan database.

Admin sudah menulis beberapa artikel yang terkait dengan tombol simpan atau entry data menggunakan kode Macro atau kode Vba Excel yang dapat dipelajari. Anda dapat menggunakannya untuk aplikasi yang sedang anda kembangkan sesuai dengan selera anda masing-masing. Artikel terkait tombol simpan menggunakan kode Macro atau kode Vba Excel sebagai berikut :
Artikel in yang berjudul Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel memiliki fungsi yang sama dengan artikel yang admin sebutkan diatas. Hanya saja pada artikel ini menggunakan kode macro atau kode Vba Excel yang berbeda. Bisa dikatakan kode yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan data pada database.

Admin sangat menganjurkan dan sangat menyarankan bagi yang sedang mempelajari Macro atau Vba Excel hendaknya memperbanyak membuat file contoh penerapan kode. Mengikuti petunjuk dari berbagai tutorial yang ada di internet dan membuat file contoh penerapan dari kode yang di dapatkan. 

Dengan membuat file contoh penerapan kode Macro atau kode Vba Excel akan mempercepat memahami fungsi dan alur kerja dari kode macro atau kode Vba Excel yang sedang dipelajari. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit mungkin istilah yang sangat tepat jika anda mau membuat file contoh penerapan kode sendiri. File contoh penerapan kode Macro atau kode Vba Excel semakin hari akan semakin banyak dan bisa dijadikan sebuah pedoman untuk mengembangkan aplikasi lain.

Bagi yang belajar pada tahap pemula jangan hanya banyak membaca teori saja. Tapi ikuti langkah-langkah yang disajikan dengan mempraktekkannya dengan membuat file contoh penerapan kode. 
Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel
Ikuti Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel yang admin sajikan dalam artikel ini step by step. 

Langkah-langkah Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel :

  • Buka Microsoft Excel, ganti nama sheet1 menjadi Database dan buatlah tabel data sebagai database dengan header tabel terdiri dari NIS, Nama, Jenis Kelamin, Kelas dan Alamat.
  • Selanjutnya kita akan merancang sebuah UserForm dengan cara klik pada tab Developer dan pilih menu Visual Basic.
  • Pada jendela Visual Basic masukkan sebuah UserForm serta lengkapi element yang dibutuhkan berupa Label sebanyak 5 buah, TextBox terdiri dari 3 buah, ComboBox terdiri dari 2 buah, dan sebuah CommandButton yang akan kita jadikan sebagai tombol simpan. Untuk mempercantik tampilan Ikuti properties yang tertera dibawah ini :
Properties UserForm
UserForm1 dengan Caption = "Simpan Data", BackColor = "&H00404000&",
Properties Label
Label1 dengan Caption = NIS, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label2 dengan Caption = NAMA, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label1 dengan Caption = JENIS KELAMIN, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label3 dengan Caption = KELAS, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label4 dengan Caption = ALAMAT, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"

Properties TextBox
TextBox1 dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.
TextBox2 dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.
TextBox3 dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.

Properties ComboBox
ComboBox1 dengan dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.
ComboBox2 dengan dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.

Properties CommandButton
CommandButton1 dengan Caption = "Simpan"
  • Properties yang admin jelaskan diatas bisa di sesuaikan dengan keinginan masing-masing.
  • Setelah memasukkan element-element yang dibutuhkan serta mengatur  properties agar tampilan terlihat cantik dan bagus maka  selanjutnya kita akan memasukkan kode pada tombol simpan agar tombol simpan dapat berfungsi.
  • Kode berikut ini untuk mengisi pilihan ComboBox1 dan CombBox2. Klik kanan pada UserForm dan pilih View Code selanjutnya masukkan kode berikut ini.
Private Sub UserForm_Activate()
'Kode untuk mengisi ComboBox1
With ComboBox1
    .AddItem "LAKI"
    .AddItem "PEREMPUAN"
End With
'Kode untuk mengisi ComboBox2
With ComboBox2
    .AddItem "7"
    .AddItem "8"
    .AddItem "9"
End With
End Sub

  • Kode berikut ini berfungsi untuk menyimpan data pada database. Data yang di input pada TextBox dan ComboBox akan di simpan pada Sheet ketika tombol simpan di klik. Klik kanan pada CommandButton1 dengan Caption Simpan pilih View Code dan masukkan kode berikut ini 
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim sh As Worksheet
For Each sh In Worksheets
    Select Case sh.Name
    Case "Database"
    sh.Range("B10000").End(3).Offset(1).Resize(, 5) = Array(TextBox1, TextBox2, ComboBox1, ComboBox2, TextBox3)
    Case Else
    End Select
    Next sh
End Sub
  • Jika ingin UserForm langsung muncul ketika Excel di buka agar kelihatan seperti Aplikasi Profesional maka masukkan kode berikut ini. Klik kanan pada ThisWorkBook pada jendela Project dan pilih View Kode atau dengan cara double klik pada ThisWorkBook hingga muncul jendela kode dan masukkan kode berikut ini 
Private Sub Workbook_Open()
Application.Visible = True
UserForm1.Show
Application.Visible = True
End Sub
  • Jika ingin Worksheet disembunyikan ketika UserForm muncul gantilah nila True menjadi False pada Aplication.Visible = True yang pertama. Worksheet akan tampil jika ketika UserForm ditutup. Namun jika ingin tidak tampil sama sekali ganti juga nilai True menjadi False pada Application.Visible = True yang kedua. Jika menggantikan yang kedua anda harus menambahkan sebuah CommandButton dan masukkan kode untuk menutup Excel dari UserForm. Untuk cara ini lebih lanjut dapat di baca pada judul artikel Cara Menyembunyikan dan Memunculkan WorkBook dan Userform.
Demikian yang dapat admin jelaskan pada artikel yang berjudul Cara Membuat Tombol Simpan Di UserForm Vba Excel. Semoga menjadi referensi dan informasi bagi yang sedang mempelajari Vba Excel pada tahap pemula.

Bagi yang ingin belajar Vba Excel secara mandiri dapatkan berbagai macam file contoh penerapan kode Vba dan Aplikasi Vba Excel tanpa proteksi dengan menghubungi Admin via WhatsApp atau telegram dengan nomor 0811-6822-023.

Jika ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat di sampaikan dengan bijaksana pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel.

Jika anda memiliki kode yang berbeda akan tetapi memiliki fungsi dan kerja yang sama dengan kode yang admin sampaikan pada artikel ini mohon dapat dishare pada kolom komentar.

Jika artikel ini dirasakan ada manfaat dan berguna mohon dapat dishare ke media sosial agar teman-teman yang memiliki hobi yang sama dapat mempelajarinya juga.

Getting Info...

2 komentar

  1. selamat siang pa zaki.saya terua mnegikuti materi yang bpk sajikan saya berterima kasih karena materi yang bpk sajikan sangat lah bagus.saya bau tanya pa kalau mau simpan data contoh dalam work book saya ada sheet 1,2 dan 3 saya mau menyimpan di sheet 2 di user form saya buat combobox yang berisi angka 1 sampai 3 yang bertujuan untuk memilih sheet..mohon bantuan nya pa zaki terima kasih
  2. kalau pas klik simpan itu kok lama ya prosesnya?ada sekitar sampai 8 detikan, kira-kira kenapa itu?
Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.