Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

Cara Menulis Nomor KTP dan Hape Dengan Lengkap di Excel

Cara Menulis Nomor KTP dan Hape Dengan Lengkap di Excel Pernahkah anda menemukan masalah saat mengetik data berupa angka pada cell Excel, saat menginput nomor KTP namun angka terakhir berubah sendiri menjadi angka 0.!! Mengetik Nomor Hape di cell Excel malah hilang angka 0 yang diawal nomor.
Admin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Salam Pengguna Excel..!! Pernahkah anda menemukan masalah saat mengetik data berupa angka pada cell Excel, saat menginput nomor KTP namun angka terakhir berubah sendiri menjadi angka 0.!! Mengetik Nomor Hape di cell Excel malah hilang angka 0 yang diawal nomor.

Anda yang berprofesi sebagai Operator di lembaga pendidikan, saat menginput NUPTK guru pada sebuah cell di Excel, angka terakhir juga berubah sehingga sering di tolak Verval Ajuan SKMT/SKBK.

Tampilan Mengatasi Tidak Tampil Angka
Untuk mengetik nomor kartu kreditpun akan berubah otomatis dan tanpa disadari oleh penginput data telah terjadi kesalahan secara tidak langsung. 

Apa Penyebabnya ?

Hasil baca-baca beberapa web profesional para Master Excel, Admin mendapatkan keterangan  beberapa penyebab hal ini terjadi yaitu sebagai berikut :
  • Anomali berubahnya digit ke-16 pada Excel menjadi angka 0 adalah karena Excel ternyata memiliki keterbatasan dalam menyimpan data angka dalam cell. Excel hanya mampu menampung 15 digit angka atau maksimal 1 kuadriliun (1015). (Sumber; JagoExcel.com)
  • Microsoft Excel dirancang auto calculate secara default, jadi ada beberapa text yang jika dituliskan dalam sebuah sel maka yang nampak bukan yang ditulis, melainkan apa yang dituju dari penulisan tersebut, itu karena sistem membaca yang kita tulis diterjemahkan secara otomatis dan terbaca sebagai formula. (Sumber; broexcel.com)
  • Format nomor default di Excel adalah General oleh karena itu Anda dapat menampilkan 11 angka di cell. (Sumber; support.microsoft.com)
Solusi 1

Solusi pertama yang dapat Admin sampaikan dengan cara mengubah cell atau range dari General ke Text dengan cara klik pada tab Home selajutnya pada Ribbon Number ubah General menjadi Text.

Cell atau range yang telah di ubah menjadi Text akan menampilkan angka sebagaimana yang di inginkan perhatikan gambar format gif diatas pada kolom dengan judul header Solusi 1

Kelemahan cara ini, cell atau range yang telah di ubah menjadi Text tidak dapat lagi digunakan untuk fungsi matematika. Karena angka yang terkandung dalam Cell dianggap sebagai huruf.

Solusi 2

Solusi kedua yang dapat Admin sampaikan dengan cara menambahkan karakter tanda petik satu ( ' ) diawal angka. Perhatikan pada gambar format gif diatas pada kolom header Solusi 2.

Kelemahan cara ini, cell atau range yang menangandung tanda petik satu ( ' ) pada file upload ke beberapa aplikasi data yang terkadung akan error. Seperti pada Aplikasi Emis.

Demikian artikel tentang Cara Menulis Nomor KTP dan Hape Dengan Lengkap di Excel. Bila anda yang sedang membaca artikel ini memiliki cara lain dengan fungsi yang sama mohon dapat disampaikan pada kolom komentar.

Jika ingin menyampaikan saran, kritikan dan pertanyaan mohon dapat ditulis pada kolom komentar dengan bijaksana.

Bagi anda yang pemula yang ingin mempelajari tentang Vba Excel melalui file penerapan Vba dan Aplikasi yang Admin rancang mohon dapat menghubungi WA dengan Nomor 0811-6822-023.

File penerapan kode Vba dan Aplikasi Excel tentu tidak gratis. Admin meminta donasi untuk kebutuhan data paket modem yang Admin gunakan serta uang kopi saja. Mohon bisa dimaklumi karena hanya dengan cara mendapatkan donasi Admin bisa bertahan untuk terus menulis artikel lainnya.

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.