Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

VBA Excel Pemula 13 : Kode VBA Excel Menghapus Data Range-Cell-WorkSheet Dari UserForm

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

VBA Excel Pemula 13 : Cara Menghapus Data Pada Range/Cell Dari UserForm - pada posting ini saya akan coba menyajikan sebanyak mungkin kode-kode untuk menghapus data pada range atau cell tertentu.

Aplikasi yang dirancang kadang kala perlu untuk mereset kembali ke pengaturan awal. Untuk merancang tombol mengahapus data secara keseluruhan pada range dan cell tertentu yang kita tetapkan dalam kode,

Kode VBA Excel Menghapus Data Range-Cell-WorkSheet Dari UserForm
 maka posting ini menjadi santapan yang segar dalam memilih kode yang cocok menurut anda sendiri yang dapat anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Aplikasi.

Ikuti langkah-langkah yang admin sajikan dengan cara membuat contoh file atau file experiment sendiri. Terapkan berbagai macam kode yang admin tulis pada artikel ini.

Dengan membuat contoh file atau file experiment sendiri maka akan lebih cepat memahami dan mengetahui fungsi serta alur kerja kode yang digunakan.

Kode VBA Excel Menghapus Data Pada Range/Cell Dari UserForm


  • Menggunakan Clear untuk menghapus Data. Kode berikut ini berfungsi untuk menghapus data dan format data pada Range A1 hingga C10. 

Range("A1:C10").Clear

  • Menggunakan ClearContent untuk menghapus data. Kode berikut ini akan menghapus data saja pada Range A1 hingga C10 tanpa menghapus format data.

Range("A1:C10").ClearContents

  • Menggunakan Nama Sheets dan Cells.Clear. Kode berikut akan menghapus semua data dan format dalam WorkSheet.

Sheets("SheetName").Cells.Clear

  • Menggunakan Nama Sheet dan Cells.ClearContents. Kode berikut ini hanya akan menghapus semua data pada WorkSheet, Namu tidak menghapus format cellnya.

Sheets("SheetName").Cells.ClearContents

  • Kode berikut ini menghapus data dan format pada Range tertentu yang letaknya berbeda-beda namun dalam Worksheet yang sama dengan sekali klik.

Sheets("SheetA").Range("A3:B10", "C2:D10").Clear

  • Kode berikut ini menghapus data dan format pada Range tertentu pada WorkSheet yang berbeda dengan sekali klik.

Sheets("SheetA").Range("A3:B10").Clear
Sheets("SheetB").Range("C2:D10").Clear

  • Kode berikut ini menghapus data dan format pada Range Tertentu pada WorkSheet yang berbeda dengan menggabungkan penulisan kode VBAnya

Sheets("SheetA").Range("A3:B10").Clear: Sheets("SheetB").Range("C2:D10").Clear



Download : Aplikasi Pemula 13


Jelas.!! Silahkan di uji beberapa kode yang saya share pada posting VBA Excel Pemula 13 ini. Bila anda memiliki kode lainnya atau pengembangan dari kode yang ada, 

sangat diharapkan bisa sharing di kolom komentar agar pada peminat VBA Excel juga dapat mempelajari berbagai macam kode untuk menghapus data.

Getting Info...

1 komentar

  1. Siang Admin..
    mohon pencerahannya, bagaimana caranya jika saya ingin menghapus satu baris data pada sheet yang pada kolom pertama itu ada kolom misalnya berupa No registrasi yang terinput secara automatis saat melakukan input data. Karena pada saat saya menekan tombol hapus pada user form, yg terhapus hanya data identitas lainnya. Sementara untuk no regis tdak terhapus sehinggga saat sy melakukan input data kembali data baru akan mengisi pada baris dibawahnya dan baris diatasnya kosong. mohon bantuannya admin.. terima kasih
Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.