Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

VBA Excel Pemula 19 : Cara Protect WorkBook Agar Data Terlindungi

Cara Protect WorkBook Agar Data Terlindungi - Perhatikan gambar gif diatas dimana Workbook tidak dapat di Edit, Copy, Cut, ataupun operasional lainnya. Protect WorkBook dengan tujuan melindungi data yang ada pada lembar kerja agar tidak dapat di ubah oleh pengguna lain sangat diperlukan pada aplikasi yang bersifat data rahasia ataupun aplikasi yang lembar kerjanya tidak di izinkan untuk di ubah secara langsung.
Unknown
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
VBA Excel Pemula 19 : Cara Protect WorkBook Agar Data Terlindungi - Perhatikan gambar gif diatas dimana Workbook tidak dapat di Edit, Copy, Cut, ataupun operasional lainnya.

Protect WorkBook dengan tujuan melindungi data yang ada pada lembar kerja agar tidak dapat di ubah oleh pengguna lain sangat diperlukan pada aplikasi yang bersifat data rahasia ataupun aplikasi yang lembar kerjanya tidak di izinkan untuk di ubah secara langsung.

Cara Protect WorkBook Agar Data Terlindungi



Pengguna lain hanya bisa melihat saja datanya tanpa bisa melakukan apapun terhadap data yang ada. Caranya cukup gampang..!! 

anda hanya mencontoh saja kode yang saya sajikan pada posting ini. Copy kodenya dan Pastekan pada aplikasi anda. Maka WorkBook akan aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. 

Perlu di ketahui bahwa  katasandi pada kode protect harus anda ingat, sewaktu - waktu anda memerlukan dapat membuka WorkBook.

Berikut merupakan Syntax kode VBA Protect Workbook yang digunakan :

Workbooks(“Your Workbook Name”).Protect([Password], [Structure], [Windows])


Keterangan Syntax kode VBA Protect Workbook

Password : Merupakan pilihan untuk menentukan kata sandi.

Struktur: Merupakan pilihan dengan False atau True. Standar Struktur adalah False. Jika kita menyebutkan True berarti melindungi struktur workbook.

Windows: Merupakan pilihan False atau True. Standar Struktur adalah Jika kita menyebutkan True berarti melindungi Jendela workbook.


Cara Cara Protect WorkBook Agar Data Terlindungi :

  • Buka Excel, buat data seperti terlihat pada gambar gif diatas, dan selanjutnya Pilih Tab Developer, klik Visual Basic atau dengan jalan pintas keyboard tekan secara bersamaan tombol  Alt+F11. Jangan lupa disave dengan format Enable Macro atau Binary
  • Pada Jendela Visual Basic Tambahkan UserForm dengan Caption "Aplikasi Pemula 19" dan tambahkan  CommandButton1 dengan Caption "Protec WorkBook 1", dan CommandButton2 dengan Caption "Protect WorkBook 2". Kenapa ada dua CommandButton.? karena kode yang saya sajikan ada dua macam.
  • Klik kanan pada CommandButton1 Caption "Protec WorkBook 1", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :

Private Sub CommandButton1_Click()
Sheets("Sheet1").Protect "1234", True, True
End Sub

  • Klik kanan pada CommandButton2 Caption "Protec WorkBook 2", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :

Private Sub CommandButton2_Click()
ActiveWorkbook.Protect Password:="YourPassword", Structure:=True, Windows:=True
End Sub

  • Selesai..!! Sangat simpel bukan..!! 
Coba di uji aplikasi yang telah dirancang..!! Bila sudah mengikuti dengan benar dan penempatan kode yang tepat maka aplikasi akan berjalan sesuai dengan gambar gif diatas.

Download : Aplikasi Pemula 19

Demikian Posting VBA Excel Pemula 19 : Cara Protect WorkBook Agar Data Terlindungi. Semoga dapat dikembangkan dengan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang merancang aplikasi.

Bila ada cara yang berbeda mohon dapat dishare pada kolom komentar.

Getting Info...

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.