Bergabung di Channel Kampus Office Klik!

VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm

Unknown
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
VBA Excel Pemula 11 : Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm - Perhatikan gambar gif dibawah..!!

anda bisa dengan cepat memahami tujuan dan maksud dari posting ini. Jadi ngak susah saya harus menjelaskan tujuannya lagi.

Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom

Intinya sembunyiin baris dan kolom selanjutnya tampilkan kembali baris dan kolom yang disembunyikan.

Untuk menyembunyikan baris dan kolom dapat dilakukan secara manual. Caranya menyebunyikan bari secara manual klik kanan heading baris selanjutnya pilih hide. 

Untuk menyembunyikan kolom caranya klik kanan pada heading kolom dan pilih hide.

Agar baris dan kolom yang sudah disembunyikan dapat dimunculkan lagi juga dapat dilakukan secara manual tanpa perlu menggunakan kode Vba Excel.

blok atau seleksi pada bagian heading baris atau kolom yang disembunyikan dan selanjutnya klik kanan serta pilih unhide. baris atau baris akan ditampilkan kembali

Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm :


  • Buka excel dan Pilih Tab Developer selanjutnya klik Visual Basic atau dengan jalan pintas keyboard tekan secara bersamaan tombol  Alt+F11.
  • Pada Jendela Visual Basic Tambahkan UserForm dengan Caption "Aplikasi Pemula 11" dan tambahkan  CommandButton1 dengan Caption "Sembunyikan Baris", CommandButton2 dengan Caption "Tampilkan Baris", CommandButton3 dengan Caption "Sembunyikan Kolom", dan CommandButton4 dengan Caption "Tampilkan Kolom".
  • Klik kanan pada CommandButton1 Caption "Sembunyikan Baris", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :
Private Sub CommandButton1_Click()

'VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom

'Kode ini untuk menyembunyikan baris dari baris ke 5 sampai baris 15
       Rows("5:15").Hidden = True
 
End Sub    

  • Klik kanan pada CommandButton2 Caption "Tampilkan Baris", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :

Private Sub CommandButton2_Click()

'Kode ini untuk menampilkan baris dari baris ke 5 sampai baris 15
      Rows("5:15").Hidden = False

End Sub

  • Klik kanan pada CommandButton3 Caption "Sembunyikan Kolom", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :

Private Sub CommandButton3_Click()
 
    'Kode ini menyembunyikan Kolom dari kolom F hingga kolom I
    Columns("F:I").Hidden = True

End Sub

  • Klik kanan pada CommandButton4 Caption "Tampilkan Kolom", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :

Private Sub CommandButton4_Click()

    'Kode ini menampilkan Kolom dari kolom F hingga kolom I
    Columns("F:I").Hidden = False

End Sub


  • Selesai..!! Uji Aplikasi yang telah dibuat dengan klik Run atau dengan menekan tombol F5. Bila anda sudah mengikuti tutorial dengan benar, maka perintah akan dijalankan.

Download : Aplikasi Pemula 11


Demikian posting VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm semoga dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Getting Info...

19 komentar

  1. gan klo maumenyembunyikan row yang kosong dengan tombol klik bagaimana ya gan?
    1. terimkasih atas kunjungannya di blog otodidak..
      Untuk menyembunyikan Row atau baris tinggal memberikan perintah "Rows("5:15").Hidden = True"
      yang disembunyikan baris ke lima hingga 15.
  2. maksud saya gini,
    misal membuat nota yang ngelink.
    sedangkan isi dari nota tersebut tidak full, misal dibuat 20 baris, sedangkan yang terisi hanya 10, nah ingin menyembunyikan yang 10 ini dengan cara menggunakan tombol bagaimana.. begitu
    1. pake Advanced Filter saja ke sheet lain... dengan ketentuan harus ada criteria yang difilter... ntar yang masuk hanya data yang dimaksud saja..
      contohnya sperti di posting ini..
      http://www.senbakusen.com/2017/07/cara-cepat-cetak-absensi-siswa.html
  3. klo dengan perintah "Rows("5:15").Hidden = True"
    otomatis meskipun ada datanya akan tetap tersembunyikan.
    1. Pake itu ajha kang....!! tp syaratnya harus blok dulu area tabel yang ingin di beri perintah untuk menghiden row
      Private Sub CommandButton1_Click()
      Dim i As Long
      For i = 1 To Selection.Rows.Count
      If Selection(i, 1) = vbNullString Then
      Selection(i, 1).EntireRow.Hidden = True
      End If
      Next i
      End Sub
  4. OK Min... terimakasih banyak...
    akan saya coba
    terima kasih.. terima kasih...
    1. pake kode dibawah ya.!! sebelum melakukan perintah.. blok dulu area tabelnya.. ntar di hidden yang row blank.. kasih kabar kembali jika solved.. karena di saya solved
      Private Sub CommandButton1_Click()
      Dim i As Long
      For i = 1 To Selection.Rows.Count
      If Selection(i, 1) = vbNullString Then
      Selection(i, 1).EntireRow.Hidden = True
      End If
      Next i
      End Sub
  5. bisa gan, terus klo ingin tampilkan lgi dgn tombol, perintahnya bagaimana?
  6. udah bisa deng, tapi ini harus di blok dulu ya, ga ada yang bisa langsung tanpa di blok
  7. Kang mo tanya lagi...
    kenapa setiap selesai ngerjain marco, trus di tutp excel dan matiin laptopnya, setiap buka lagi excel, format marco sudah ga ada, jadi kosong lagi, harus bikin lagi?
    caranya bagaimana agar setiap membuka excel yang dpakai marco bisa selalu ada meskipun laptop sudah dimatikan.
    1. itu karena smadav atau antivirus lainnya yang menontaktifkan macro... coba liat pengaturan antivirus.. liat dan ceklist yang ada tulisan Alow macro..
  8. Sama saya sudah dinonaktifkan antivirusnya.
    tapi masih tetep sama ga bisa
    1. Add fb saya ajha pak... lebih mudah untuk konsultasi..
  9. Kang admin
    Bisa bantu saya nga.
    Contohnya begini
    Misal di sell A1 ada dua pilihan menggunakan combobox bawaan excel

    - Badan Usaha
    - Perseorangan

    Kemudian di
    sell B3 tertulis Nama
    sell B4 tertulis Tanggal lahir
    sell B5 tertulis Usia

    Nah yg jadi permasalahan bagaimana cara membuatnya di VBA Macro excel, jika sell A1 saya pilih Badan Usaha, maka sell B4 dan B5 ter hiden, kemudian kalau pilih Perseorangan sell B4 dan B5 muncul kembali.
    Mohon bantuannya kang, terima kasih.
    1. _________________Kode_________________
      Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
      If Sheet1.Range("A1") = Sheet1.Range("L1") Then
      Columns("B").Hidden = True
      End If
      If Sheet1.Range("A1") = Sheet1.Range("L2") Then
      Columns("B").Hidden = False
      End If
      End Sub
      ------------Penjelasan-------------------------
      Pada Cell A1 terdapat List yang dibikin dengan Validation yang diambil dari range L1 dan L2. Cell L1 terdapat tulisan Badan Usaha dan pada cell L2 Perorangan.
      Demikian.. Semoga membantu...
  10. Mas Admin mau tanya, kalau misal buttonnya ada di sheet yang berbeda dengan sheet di mana hide rows berada, bagaimana ya? hehe terima kasih
    1. letakkan di tempat lain dong.. hehehe
Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.