VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm
VBA Excel Pemula 11 : Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm - Perhatikan gambar gif dibawah..!!
anda bisa dengan cepat memahami tujuan dan maksud dari posting ini. Jadi ngak susah saya harus menjelaskan tujuannya lagi.
anda bisa dengan cepat memahami tujuan dan maksud dari posting ini. Jadi ngak susah saya harus menjelaskan tujuannya lagi.
Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom |
Intinya sembunyiin baris dan kolom selanjutnya tampilkan kembali baris dan kolom yang disembunyikan.
Untuk menyembunyikan baris dan kolom dapat dilakukan secara manual. Caranya menyebunyikan bari secara manual klik kanan heading baris selanjutnya pilih hide.
Untuk menyembunyikan kolom caranya klik kanan pada heading kolom dan pilih hide.
Agar baris dan kolom yang sudah disembunyikan dapat dimunculkan lagi juga dapat dilakukan secara manual tanpa perlu menggunakan kode Vba Excel.
blok atau seleksi pada bagian heading baris atau kolom yang disembunyikan dan selanjutnya klik kanan serta pilih unhide. baris atau baris akan ditampilkan kembali
- Buka excel dan Pilih Tab Developer selanjutnya klik Visual Basic atau dengan jalan pintas keyboard tekan secara bersamaan tombol Alt+F11.
- Pada Jendela Visual Basic Tambahkan UserForm dengan Caption "Aplikasi Pemula 11" dan tambahkan CommandButton1 dengan Caption "Sembunyikan Baris", CommandButton2 dengan Caption "Tampilkan Baris", CommandButton3 dengan Caption "Sembunyikan Kolom", dan CommandButton4 dengan Caption "Tampilkan Kolom".
- Klik kanan pada CommandButton1 Caption "Sembunyikan Baris", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :
Private Sub CommandButton1_Click()
'VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom
'Kode ini untuk menyembunyikan baris dari baris ke 5 sampai baris 15
Rows("5:15").Hidden = True
End Sub
'VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom
'Kode ini untuk menyembunyikan baris dari baris ke 5 sampai baris 15
Rows("5:15").Hidden = True
End Sub
- Klik kanan pada CommandButton2 Caption "Tampilkan Baris", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :
Private Sub CommandButton2_Click()
'Kode ini untuk menampilkan baris dari baris ke 5 sampai baris 15
Rows("5:15").Hidden = False
End Sub
'Kode ini untuk menampilkan baris dari baris ke 5 sampai baris 15
Rows("5:15").Hidden = False
End Sub
- Klik kanan pada CommandButton3 Caption "Sembunyikan Kolom", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :
Private Sub CommandButton3_Click()
'Kode ini menyembunyikan Kolom dari kolom F hingga kolom I
Columns("F:I").Hidden = True
End Sub
'Kode ini menyembunyikan Kolom dari kolom F hingga kolom I
Columns("F:I").Hidden = True
End Sub
- Klik kanan pada CommandButton4 Caption "Tampilkan Kolom", Pilih View Code dan masukkan Kode berikut :
Private Sub CommandButton4_Click()
'Kode ini menampilkan Kolom dari kolom F hingga kolom I
Columns("F:I").Hidden = False
End Sub
'Kode ini menampilkan Kolom dari kolom F hingga kolom I
Columns("F:I").Hidden = False
End Sub
- Selesai..!! Uji Aplikasi yang telah dibuat dengan klik Run atau dengan menekan tombol F5. Bila anda sudah mengikuti tutorial dengan benar, maka perintah akan dijalankan.
Demikian posting VBA Excel Pemula 11 : Cara Sembunyikan (Hide) dan Tampilkan (UnHide) Baris dan Kolom Melalui UserForm semoga dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.
gan klo maumenyembunyikan row yang kosong dengan tombol klik bagaimana ya gan?
BalasHapusterimkasih atas kunjungannya di blog otodidak..
HapusUntuk menyembunyikan Row atau baris tinggal memberikan perintah "Rows("5:15").Hidden = True"
yang disembunyikan baris ke lima hingga 15.
maksud saya gini,
BalasHapusmisal membuat nota yang ngelink.
sedangkan isi dari nota tersebut tidak full, misal dibuat 20 baris, sedangkan yang terisi hanya 10, nah ingin menyembunyikan yang 10 ini dengan cara menggunakan tombol bagaimana.. begitu
pake Advanced Filter saja ke sheet lain... dengan ketentuan harus ada criteria yang difilter... ntar yang masuk hanya data yang dimaksud saja..
Hapuscontohnya sperti di posting ini..
http://www.senbakusen.com/2017/07/cara-cepat-cetak-absensi-siswa.html
klo dengan perintah "Rows("5:15").Hidden = True"
BalasHapusotomatis meskipun ada datanya akan tetap tersembunyikan.
Pake itu ajha kang....!! tp syaratnya harus blok dulu area tabel yang ingin di beri perintah untuk menghiden row
HapusPrivate Sub CommandButton1_Click()
Dim i As Long
For i = 1 To Selection.Rows.Count
If Selection(i, 1) = vbNullString Then
Selection(i, 1).EntireRow.Hidden = True
End If
Next i
End Sub
OK Min... terimakasih banyak...
BalasHapusakan saya coba
terima kasih.. terima kasih...
pake kode dibawah ya.!! sebelum melakukan perintah.. blok dulu area tabelnya.. ntar di hidden yang row blank.. kasih kabar kembali jika solved.. karena di saya solved
HapusPrivate Sub CommandButton1_Click()
Dim i As Long
For i = 1 To Selection.Rows.Count
If Selection(i, 1) = vbNullString Then
Selection(i, 1).EntireRow.Hidden = True
End If
Next i
End Sub
bisa gan, terus klo ingin tampilkan lgi dgn tombol, perintahnya bagaimana?
BalasHapusudah bisa deng, tapi ini harus di blok dulu ya, ga ada yang bisa langsung tanpa di blok
BalasHapusKang mo tanya lagi...
BalasHapuskenapa setiap selesai ngerjain marco, trus di tutp excel dan matiin laptopnya, setiap buka lagi excel, format marco sudah ga ada, jadi kosong lagi, harus bikin lagi?
caranya bagaimana agar setiap membuka excel yang dpakai marco bisa selalu ada meskipun laptop sudah dimatikan.
itu karena smadav atau antivirus lainnya yang menontaktifkan macro... coba liat pengaturan antivirus.. liat dan ceklist yang ada tulisan Alow macro..
HapusSama saya sudah dinonaktifkan antivirusnya.
BalasHapustapi masih tetep sama ga bisa
Add fb saya ajha pak... lebih mudah untuk konsultasi..
HapusAtau melalui WA 0811-6822-023
HapusKang admin
BalasHapusBisa bantu saya nga.
Contohnya begini
Misal di sell A1 ada dua pilihan menggunakan combobox bawaan excel
- Badan Usaha
- Perseorangan
Kemudian di
sell B3 tertulis Nama
sell B4 tertulis Tanggal lahir
sell B5 tertulis Usia
Nah yg jadi permasalahan bagaimana cara membuatnya di VBA Macro excel, jika sell A1 saya pilih Badan Usaha, maka sell B4 dan B5 ter hiden, kemudian kalau pilih Perseorangan sell B4 dan B5 muncul kembali.
Mohon bantuannya kang, terima kasih.
_________________Kode_________________
HapusPrivate Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Sheet1.Range("A1") = Sheet1.Range("L1") Then
Columns("B").Hidden = True
End If
If Sheet1.Range("A1") = Sheet1.Range("L2") Then
Columns("B").Hidden = False
End If
End Sub
------------Penjelasan-------------------------
Pada Cell A1 terdapat List yang dibikin dengan Validation yang diambil dari range L1 dan L2. Cell L1 terdapat tulisan Badan Usaha dan pada cell L2 Perorangan.
Demikian.. Semoga membantu...
Mas Admin mau tanya, kalau misal buttonnya ada di sheet yang berbeda dengan sheet di mana hide rows berada, bagaimana ya? hehe terima kasih
BalasHapusletakkan di tempat lain dong.. hehehe
Hapus